Manfaat Daun Jambu Biji

Manfaat Daun Jambu Biji . Jambu biji merupakan tanaman dari genus Psidium dan terbagi atas banyak spesies. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, beberapa tempat di kepulauan Karibia, serta Afrika Utara. Namun kini tanaman ini telah dibudidayakan di berbagai tempat di dunia, khususnya di daerah tropis dan subtropis.


Jambu Biji (Psidium guajava) tersebar meluas sampai ke Asia Tenggara termasuk Indonesia, sampai Asia Selatan, India dan Srilangka. Jambu biji termasuk tanaman perdu dan memiliki banyak cabang dan ranting; batang pohonnya keras. Permukaan kulit luar pohon jambu biji berwarna coklat dan licin. Apabila kulit kayu jambu biji tersebut dikelupas, akan terlihat permukaan batang kayunya basah. Bentuk daunnya umumnya bercorak bulat telur dengan ukuran yang agak besar. Bunganya kecil-kecil berwarna putih dan muncul dari balik ketiak daun. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Pada umur 2-3 tahun jambu biji sudah mulai berbuah. Bijinya banyak dan terdapat pada daging buahnya.

Manfaat daun jambu biji sangat Banyak, karenatanaman obat ini dapat kita dapatkan dengan mudah di sekitar rumah kita. Hanya saja terkadang banyak yang tidak tahu akan manfaat dan khasiat tanaman-tanaman tersebut. Contohnya manfaat daun jambu biji ini. Ternyata memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh kita. Entah untuk kesehatan ataupun untuk obat penyakit tertentu. Walaupun yang terkanal buahnya, namun tak ada salahnya daun dari jambu ini dapat kita manfaatkan sebagai obat.

DAUN jambu biji ternyata mengandung berbagai macam komponen yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue (DBD). Kelompok senyawa tanin dan flavonoid yang dinyatakan sebagai quersetin dalam ekstrak daun jambu biji dapat menghambat aktivitas enzim reverse trancriptase yang berarti menghambat pertumbuhan virus berinti RNA. Dan daun jambu biji ternyata memiliki kandungan yang banyak bermanfaat bagi tubuh kita. Diantaranya, anti inflamasi, anti mutagenik, anti mikroba dan analgesik. Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam daun jambu biji seperti, polifenol, karoten, flavonoid dan tannin. Dengan begitu banyaknya kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji tersebut, diperkirakan memiliki anti oksidan yang erat khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Daun jambu Biji (jambu klutuk, jambu batu)

Manfaat Daun jambu Biji Untuk diare : 3 lmbr daun jambu biji muda & segar dicuci bersih, tumbuk halus, beri 1/2 cangkir air matang hangat, diperas & diambil airnya.Beri garam secukupnya sblm diminumkan pada anak.Air perasan diberikan pada anak sekehendaknya.
Posting Komentar

Entri Populer