Makanan sehat dan bergizi

Produk makanan bergiziMakanan sehat dan bergizi – Agar menjadi sehat dan kuat, kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung unsur-unsur pokok yang dibutuhkan oleh tubuh. Unsur-unsur pokok tersebut terdiri atas protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Jika tubuh kekurangan unsur-unsur tersebut, akan timbul masalah yang sangat serius. Salah satu sumber makanan yang bergizi tinggi adalah kedelai. Produk-produk olahan kedelai sudah sangat dikenal dan dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Produk-produk olahan kedelai tersebut, misalnya tahu, tempe, oncom, kecap, tauco, tauge, kembang tahu, dan susu kedelai.

Selain itu, kekurangan protein bahkan akan dapat menyebabkan tubuh kita cacat. Tahu dan tempe merupakan makanan yang kaya akan protein dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Bahan utama pembuatan tahu dan tempe adalah kedelai. Kedelai mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi. Selain tahu dan tempe, banyak juga makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Misalnya makanan-makanan yang diproduksi dari kedelai.
Makanan yang dikonsumsi oleh tubuh kita harus memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia pada umumnya. Jika salah satu mengalami kekurangan, akan menyebabkan ketidak seimbangan metabolisme tubuh kita. Dalam menghitung kandungan gizi yang dibutuhkan, biasanya digunakan ukuran kalori.
Kalori dibutuhkan untuk memberikan energi pada tubuh kita agar dapat berfungsi dengan baik. Jumlah kalori dalam makanan bergantung dari banyaknya energi yang terdapat dalam makanan. Jumlah kalori yang dibutuhkan seseorang bergantung pada usia, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas. Seseorang yang lebih banyak mengonsumsi kalori daripada membakarnya dengan aktivitas sehari-hari atau saat olahraga cenderung untuk memiliki kelebihan berat badan (gemuk/obesitas).
Berikut ini jumlah kalori yang terkandung dalam beberapa zat makanan.
- Lemak : 1 gram = 9 kalori
- Protein : 1 gram = 4 kalori
- Karbohidrat : 1 gram = 4 kalori
Lemak seharusnya terdiri 30% atau kurang dari jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari, dengan lemak jenuh yang tidak boleh lebih dari 10% dari total lemak. Lemak adalah bentuk dari energi yang membantu tubuh dalam mengatur suhu tubuh kita, juga melindungi jaringan otot dan organ tubuh. Lemak juga memiliki peran penting dalam melarutkan empat vitamin, yaitu A, D, E, dan K.
Kelebihan jumlah kalori dari protein dan karbohidrat akan diubah dan tersimpan sebagai lemak. Walaupun kita makan makanan yang bebas lemak, kelebihan konsumsi akan menambah lemak tubuh. Satu-satunya cara untuk mengurangi lemak dalam tubuh adalah dengan memperbaiki pola makan yang rendah lemak dan tinggi serat.
Posting Komentar

Entri Populer